Jika Anda ingin mencetak undangan pernikahan yang custom, yang bisa Anda rencanakan hingga mendetail, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis kertas yang biasa dipakai untuk mencetak undangan pernikahan. Hal ini akan membuat undangan yang Anda rencanakan sesuai dengan selera Anda dan pasangan.
Pada dasarnya setiap kertas bisa digunakan untuk mencetak undangan pernikahan, bahkan jika mau pun Anda bisa mencetaknya di produk-produk undangan unik seperti tas, gelas, kipas, atau media lainnya. Namun jangan salah pilih, ada beberapa jenis kertas yang direkomendasikan untuk digunakan masyarakat umum dengan pertimbangan kecocokan tekstur, harga, serta karakteristik lainnya. Berikut daftar beberapa jenis kertas undangan yang bisa Anda pilih:

Kertas Jasmine

kertas jasmine
sumber gambar: bukalapak.com

Kertas jasmine yang biasa untuk dicetak sebagai undangan pernikahan ini telah menjadi pilihan banyak orang. Kertas jasmine memberi kesan unik yang ditimbulkan oleh efek gliter-gliter berwarna. Warna pilihan kertas ini pun terbilang cukup banyak, Anda dapat memilih warna seperti krem, putih, abu-abu, biru muda, pink, dan lain-lain. Dan bicara soal harga, harga kertas jasmine relatif lebih mahal dibandingkan dengan jenis kertas undangan lainnya, yaitu berkisar Rp. 5000,00-an rupiah tiap plano nya. Perlu diketahui, gliter-gliter berwarna pada kertas jasmine juga bisa memberikan kesan mewah, elegan dan esklusif bagi undangan Anda, lho. Maka tidak jarang kertas jasmine digunakan untuk mencetak undangan yang mahal-mahal.

cek harga kertas jasmine update

baca juga Yang perlu diketahui tentang kertas jasmine

Kertas BW, BC, Linen atau Concord

kertas-linen
sumber gambar: bukalapak.com

Jenis kertas bertekstur ini biasanya digunakan untuk kop surat atau sertifikat. Sama halnya dengan jenis kertas jasmine, jenis kertas ini juga menyediakan beberapa pilihan warna yang bisa Anda pilih. Biasanya gramasi kertas antara 220 hingga 250 gr. Soal masalah harga, harga jenis kertas BC, BW, linen atau concord ini memang relatif lebih murah daripada jenis kertas yang lainnya. Biasanya kertas ini dipilih untuk digunakan sebagai penekan harga saat mencetak undangan di bagian softcover dengan gramatur yang agak tebal, atau di hardcover yang menggunakan gramatur tipis.

Kertas Karton Samson kraft

sumber gambar: bukalapak.com

Jenis kertas undangan pernikahan yang satu ini berwarna coklat muda, biasanya berbahan daur ulang dan memiliki permukaan agak kasar. Umumnya dipakai untuk kertas bungkus, namun karena kesan klasik yang dibawanya bahan ini juga nggak jarang digunakan untuk pembuatan paperbag atau hangtag. Karena berwarna dasar coklat, umumnya kertas Samson dicetak menjadi 1 atau 2 warna saja. Gramasi yang umum dipakai ialah 150gr dan 220gr atau karton. Nah pada pencetakan undangan pernikahan, jenis kertas ini biasanya digunakan untuk membuat undangan pernikahan gulung.

Kertas Art Paper atau Matt Paper

sumber gambar: bukalapak.com

Jenis kertas undangan ini sebenarnya biasa digunakan untuk mencetak brosur. Kertas ini memiliki dua jenis yakni kertas dengan permukaan yang licin dan juga kertas semi doff atau matt. Hasil pencetakannya lebih bagus jika dibandingkan dengan pencetakan di atas kertas HVS. karena raster kertas art paper atau matt paper yang halus dan tidak menyerap cat, sehingga diperoleh warna yang solid. Gramasi yang biasa dipakai adalah 100gr, 120gr, atau 150gr. Terlebih jika dilaminating glossy atau doff maka akan terlihat lebih memuaskan warnanya.

Kertas Art Carton

sumber gambar: bukalapak.com

Jenis kertas ini sama halnya seperti art paper, namun memiliki gramasi lebih tebal. Bahan art carton biasa digunakan untuk mencetak kartu nama, company profile, katalog, brosur dan cetakan lain yang membutuhkan kertas yang agak tebal. Setelah dicetak, biasanya hasil cetakan dilapisi dengan laminating atau vernis agar memberikan hasil yang lebih bagus. Sedangkan gramasi yang umum dipakai diantaranya 190gr, 210gr, 260gr, 310gr, atau 360gr. Jenis kertas ini bisa banget Anda jadikan alternatif bagi Anda yang ingin cetak hardcover.

Kertas Ivory

sumber gambar: bukalapak.com

Jenis kertas ivory hampir sama seperti art carton. Dua sisinya berwarna putih, namun tidak seputih kertas art carton. Yang membedakan yakni kedua sisi art carton licin. Sedangkan kertas ivory cuma satu sisi yang licin. Bahan ini banyak digunakan sebagai box cosmetic karena sifatnya yang cukup tebal dan kokoh. Gramasi yang biasa digunakan yakni 210gr, 230gr, 250gr, 300gr, dan 350gr.
itulah beberapa jenis kertas undangan yang biasa digunakan. Kini Anda tak lagi bingung menentukan kertas undangan yang sesuai dengan kebutuhan, selera dan harga yang Anda inginkan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *