Penggunaan bedak bayi pada buah hati Anda yang masih belum menginjak satu tahun, memang menimbulkan berbagai pendapat pro dan kontra. Ada yang menyatakan bahwa penggunaan produk-produk seperti ini baik untuk menjaga kesehatan kulit bayi Anda. Akan tetapi ada juga yang tidak setuju dengan pendapat tersebut karena menganggap bahwa penggunaan bedak bayi akan membuat bayi Anda mendapatkan gangguan pernapasan yang diakibatkan oleh partikel bedak yang terhirup.
Supaya tak menjadi semakin rancu, penting bagi para orang tua agar mengetahui apa saja yang harus diperhatikan ketika memakaikan bedak bayi pada bayi kesayangan Anda.

sumber gambar: bukalapak.com

Bagaimana cara memakaikan bedak bayi secara tepat?

Cara yang benar saat Anda ingin memakaikan bedak bayi adalah dengan menuangkan bedak bayi pada telapak tangan Anda dan hal ini sebaiknya dilakukan agak jauh dari wajah bayi Anda agar partikel-partikel kecil bedak tak terhirup olehnya. Secara perlahan usapkan pada permukaan kulit bayi Anda. Pastikan kulitnya telah benar-benar kering untuk menghindari kemungkinan munculnya jamur akibat bedak bayi Anda yang secara tidak sengaja tercampur dengan air ataupun keringat.

Bagian tubuh bayi mana saja yang sebaiknya dipakaikan bedak?

Mengingat manfaat utama penggunaan bedak bayi pada buah hati Anda yang berusia satu sampai tiga tahun ialah untuk membuatnya selalu merasa segar dan mencegah timbulnya biang keringat. Para orang tua bisa memakaikan bedak pada bagian-bagian tubuh bayi yang mudah berkeringat seperti pada lipatan lengan, ketiak, leher, dan pangkal paha. Akan tetapi, sangat disarankan bagi orang tua untuk menghindari daerah vital bayi Anda, terutama bagi bayi perempuan. Hal ini ditujukan agar tak meimbulkan infeksi pada bagian kelamin akibat partikel-partikel kecil bedak.

Apa saja manfaat penggunaan bedak bayi?

Bedak bayi, seperti bedak bayi cushion yang berharga murah hingga bedak bayi dengan harga relatif mahal, tidak hanya berfungsi sebagai penyerap keringat. Salah satu bagian dari produk-produk perawatan bayi ini juga dapat difungsikan sebagai pelicin pada kulit saat bayi Anda aktif bergerak sehingga hal ini bisa mengurangi risiko lecet yang diakibatkan oleh banyaknya gesekan. Selain itu, bedak bayi juga dapat menjaga kulit bayi Anda untuk terasa segar ketika berkeringat setelah beraktivitas.

Apa saja yang lebih baik dihindari saat menggunakan bedak bayi?

Memakaikan bedak bayi sebagai penyerap keringat penting dilakukan guna menghindari iritasi pada kulit bayi Anda. akan tetapi, orang tua tak perlu memakaikan bedak secara berlebihan hingga tampak terlalu tebal di kulitnya. Cukup dengan mengusapkan tipis-tipis bedak pada kulit bayi Anda untuk menghindari partikel bedak yang menggumpal akibat keringat. Selain itu, jangan memakaikan bedak pada kulit bayi Anda yang memiliki luka. Hal ini berisiko mengakibatkan reaksi granuloma atau radang. Hindari menggunakan bedak untuk membersihkan sisa-sisa buang air kecil bayi Anda. Cukup pakai air untuk membersihkannya, lalu keringkan dengan memakai handuk.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui mengenai penggunaan bedak bayi untuk bayi. Alangkah baiknya jika Anda memilih bedak bayi yang tidak terdapat kandungan talc. Salah satu jenis mineral tersebut telah melalui penggilingan hingga terbentuk menjadi butiran halus. Hal yang membuat talc dinilai berbahaya adalah bahan pembentuknya, seperti silikon, magnesium, dan juga oksigen yang apabila dihirup akan menumpuk pada saluran paru-paru bayi Anda. Hal ini tentu dapat berisiko mengakibatkan gangguan pernapasan seperti pneumonia. Pilihlah bedak bayi yang terbuat dari bahan cornstarch yakni bahan organik seperti beras, jagung, atau gandum.


Pemilihan bedak berbahan organik merupakan salah satu upaya mendapatkan produk perawatan bayi yang terbuat dari cornstarch. Selain kenyamanan saat dipakai, hal ini akan memberi keamanan ketika digunakan oleh buah hati Anda. Apalagi beberapa jenis bedak juga dibekali kandungan protein susu murni, nutrien beras, vitamin A, atau vitamin E, sehingga bedak bayi pilihan Anda dapat menjaga kulit bayi tetap lembut, cerah, halus, dan terawat.

cek harga bedak bayi terbaru di hargano.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *